Harga Ayam Onagadori

Harga Ayam Onagadori – Hello people kembali lagi di website kita tercinta sukakewan.com. Website yang membahas segala hal tentang hewan. Nah, kali ini kita akan membehas tentang harga ayam onagadori.

Ayam onagadori merupakan jenis unggas yang memiliki arti unggas paling terhormat. Gelar tersebut ialah gelar tertinggi yang di berikan terhadap salah satu jenis ayam yang berada di jepang.

Ayam onagadori termasuk jenis ayam yang tergolong unik, maka dari itu pemerintah jepang sangat menjaga keberadaan ayam ini dan memasukkannya ke dalam daftar unggas yang di lindungi.

Asal Usul Ayam Onagadori

Ada imuan bernama Ryemon yan berasal dari kota Kochi. Dia ini mengawin silangkan berbagai jenis ayam dan dia terinspirasi dari jenis ayam phoenix yang memiliki ekor panjang. Ryemon menciptakan satu jenis ayam baru untuk di hadiahkan kepada kaisar Jepang.

Kaisar jepang sangat menyukai hasil dari jenis ayam baru yang diciptakan oleh Ryemon. Pada tahun 1780an itu kaisar jepang membudidayakan ayam jenis baru tersebut. Kemudian kaisar jepang memberikan anakan hasil budidaya ayam tersebut ke masyarakat di Jepang.

Ayam onagadori sebenarnya belum diketahui asal usulnya. Tetapi masyarakat jepang mempercayai bahwa jenis ayam onagadori ini merupakan hasil dari ayam shokoku yang di kawin silangkan atau di hybrid dengan berbagai jenis ayam yang ada di Jepang.

Jadi, kesimpuannya  ayam onagadori merupakan ayam hasil persilangan dari beberapa jenis ayam yang ada di Jepang. Dari beberapa jenis ayam tersebut di silangkan kembali hingga terciptalah ayam onagadori ini.

Ciri – Ciri Ayam Onagadori

Untuk wilayah Indonesia sendiri jenis ayam yang memiliki ekor panjang dapat dibedakan menjadi 2 yakni ayam onagadori dan ayam phoenix. Ayam onagadori sendiri dengan memiliki bulu ekornya yang lurus dan panjang, berbeda dengan ayam phoenix dengan bulu ekornya yang panjang namun cenderung lebih ikal.

Untuk jenis ayam phoenix merupakan jenis ayam yang berasal dari Jerman dan untuk ayam onagadori sendiri merupakan jenis ayam yang berasal dari Jepang. Kedua jenis ini memiliki panjang ekor hingga beberapa meter.

Berikut adalah ciri – ciri ayam onagadori :

  • Memiliki bentuk tubuh yang indah sehingga ayam onagadori termasuk ayam hias.
  • Memliki ekor yang sangat panjang hingga mencampai 20 meter.
  • Memiliki warna di antaranya kuning, merah, putih, hitam dan kombinasi dari beberapa warna tersebut.
  • Untuk ayam onagadori pejantan memiliki berat antara 1,8 kg sampai 2 kg.
  • Untuk ayam onagadori betina biasanya memiliki berat antara 1 kg hingga 1,3 kg.
  • Kemudian telur ayam onagadori berwarna cokelat muda.

Harga Ayam Onagadori Terbaru

Di Indonesia sendiri keberadaan ayam onagadori ini masih terbilang langka. Hal itu menyebabkan harga ayam onagadori sangat tinggi. Bahkan, harga telur ayam onagadori bisa mencapai Rp 500.000 per butirnya yang jelas belum tentu berhasil dalam penetasannya walaupun telur ayam onagadori tersebut fertil atau telah di buahi.

Harga ayam onagadori ini sangat dipengaruhi oleh faktor kualitas, umur, dan peternaknya yang menjual. Untuk harga ayam onagadori yang sudah memiliki ekor dengan panjag 1 meter harganya kisaran Rp 10.000.000 bahkan bisa melebihi harga tersebut jika memang kualitasnya benar – benar bagus.

Gambar Ayam Onagadori

Gambar Ayam Onagadori Putih
Gambar Ayam Onagadori Putih
Gambar Ayam Onagadori Merah
Gambar Ayam Onagadori Merah
Gambar Ayam Onagadori Kuning
Gambar Ayam Onagadori Kuning
Gambar Ayam Onagadori Putih Hitam
Gambar Ayam Onagadori Putih Hitam

Daftar Harga Ayam Onagadori Terbaru

Jenis Ayam OnagadoriHarga
Telur Ayam OnagadoriRp 500.000
Ayam Onagadori umur 1 bulanRp 1.800.000
Ayam Onagadori umur 3 bulanRp 5.000.000
Ayam Onagadori Dewasa Jantan ekor kurang dari 1 mRp 10.000.000
Ayam Onagadori Dewasa Jantan ekor 1 mRp 14.000.000
Ayam Onagadori Indukan SepasangRp 20.000.000

Itulah beberapa harga ayam onagadori yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memiliki ayam onagadori ini sebagai patokan harga ayam onagadori asli. Terimakasih telah mengunjungi website kami sukakewan.com.

Tags: