Harga Ayam Hutan

Harga Ayam Hutan – Hello people kembali lagi di website kita tercinta sukakewan.com. Website yang membahas segala hal tentang hewan. Nah kali ini kita akan membahas tentang harga ayam hutan.

Di Indonesia sendiri flora dan faunanya sangatlah beragam. Baik flora maupun fauna memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu faunanya yang akan kita bahas kali ini adalah ayam hutan.

Ayam hutan adalah nama umum bagi jenis ayam liar yang hidup di hutan. Ayam hutan sendiri merupakan leluhur dari ayam kampung yang sekarang sering di pelihara oleh masyarakat Indonesia.

Ayam hutan ini dari segi bentuk tubuh dan perilakunya sangat mirip seperti ayam peliharaan, karena memang ayam hutan ini merupakan leluhur dari ayam kampung. Jantan dengan betina berbeda bentuk tubuh, warna bulu, dan ukurannya (dimorphisme sexual, sexual dimorphism).

Ayam hutan jantan memiliki bulu warna warni dan indah, berbeda dengan ayam betina yang cenderung berwarna monoton dan kusam. Ukuran tubuh ayam hutan jantan dan ayam hutan betina pun berbeda. Ayam hutan jantan memiliki tubuh yang relatif lebih besar di bandingkan dengan ayam hutan betina.

Untuk harga ayam hutan sendiri di tentukan berdasarkan jenis, umur, dan peternak yang menjualnya. Berikut akan kami bahas beberapa jenis dan harga ayam hutan yang di dasarkan dari rata rata survey di kalangan peternak :

Harga Ayam Hutan Terbaru

Gambar Ayam Hutan Hijau
Gambar Ayam Hutan Hijau

1. Harga Ayam Hutan Hijau

Ayam hutan hijau (Gallus varius) adalah salah satu kelompok unggas dari suku Phasianidae, yakni keluarga ayam, puyuh, merak, dan sempidan. Sesuai dengan namanya ayam hutan jenis ini memiliki warna yang dominan hijau pada bagian kepala sampai dada.

Pada bulu bagian sayap, bulu ayam hutan hijau berwarna orange dengan garis hitam di tengahnya. Bulu yang mendekati ekor warnannya semakin memudar lebih mendekati kuning kecoklatan dengan garis hitam yang sama dengan bulu sayap. Sedangkan bagian jengger pada ayam hutan hijau lebih besar dari ayam hutan jenis lain.

Untuk harga ayam hutan hijau ini sangatlah bervariasi. Untuk harga ayam hutan hijau yang masih muda kisaran Rp 600.000 hingga Rp 850.000, sedangkan harga ayam hutan hijau yang sudah dewasa kisaran harganya yaitu Rp 1.000.000 sampai Rp 1.500.000.

Gambar Ayam Hutan Merah
Gambar Ayam Hutan Merah

2. Harga Ayam Hutan Merah

Ayam hutan merah atau nama ilmiahnya Gallus gallus adalah sejenis burung yang berukuran sedang, dengan panjang sekitar 78 cm, dari suku Phasianidae. Ayam hutan merah betina berukuran lebih kecil, dengan panjang sekitar 46 cm.

Ayam hutan merah jantan memiliki bulu leher, tengkuk, dan mantel yang panjang meruncing berwarna kuning coklat keemasan dengan kulit muka merah, iris coklat, bulu punggung berwarna hijau gelap dan sisi bawah tubuh berwarna hitam mengkilap.

Di kepala ayam hutan merah terdapat jengger bergerigi dan gelambir berwarna merah. Ekornya terdiri dari 14 sampai 16 bulu berwarna hijau metalik, dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung kebawah.

Untuk harga ayam hutan merah yang masih muda kisaran Rp 700.000 sampai Rp 950.000. Sedangkan harga ayam hutam merah yang sudah dewasa kisaran Rp 1.500.000 sampai Rp 2.000.000.

Gambar Ayam Hutan Kelabu
Gambar Ayam Hutan Kelabu

3. Harga Ayam Hutan Kelabu

Ayam hutan kelabu (Gallus sonneratii) adalah salah satu dari empat spesies ayam hutan. Ayam hutan kelabu memiliki ukuran tubuh sedang, dengan panjang sekitar 80 cm, dari suku Phasianidae. Sedangkan ayam hutan kelabu betina berukuran lebih kecil, dengan panjang sekitar 38 cm.

Ayam hutan kelabu jantan memiliki bulu leher, tengkuk, dan mantel berwarna kelabu berbintik hitam denga kulit muka merah bercak putih di telinga, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning, ekor hitam keunguan dengan bulu tengah ekor hitam keunguan dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah.

Sisi bawah tubuh berwarna kelabu bergaris putih dan kakinya berwarna kuning kemerahan terang dengan sebuah taji. Ayam betina memiliki kaki tidak bertaji, bulu-bulu yang pendek, berwarna coklat tua dengan bulu-bulu seperti sisik berwarna putih kecoklatan di bagian sisi bawah tubuh.

Untuk harga ayam hutan kelabu yang masih muda yaitu sekitar Rp 500.000 sampai Rp 700.000. Sedangkan harga ayam hutan kelabu yang sudah dewasa sekitar Rp 1.000.000 sampai Rp 1.400.000.

Gambar Ayam Hutan Srilanka
Gambar Ayam Hutan Srilanka

4. Harga Ayam Hutan Srilanka

Ayam hutan Sri Lanka , Gallus lafayetii, adalah anggota keluarga burung yang endemik di Sri Lanka. Ini adalah relatif dekat India Merah Ayam hutan, gallus Gallus, Ayam hutan liar dari mana ayam itu dijinakkan.

Ayam hutan jantan srilanka berkisar 66-73 cm. Hal ini ayam-seperti dalam struktur, dan memiliki bulu tubuh oranye-merah, ungu gelap dan sayap dan ekor. Bagian belakang kepala dan leher adalah emas, dan wajah memiliki kulit merah telanjang dan pial. sisir itu merah dengan pusat kuning. Tidak seperti Ayam hutan lainnya, ayam tidak memiliki gerhana bulu. betina jauh lebih kecil, di hanya 35 cm.

Untuk harga ayam hutan srilanka yaitu sekitar Rp 2.000.000 sampai Rp 2.500.000.

Daftar Harga Ayam hutan Terbaru

Jenis Ayam HutanHarga
Ayam Hutan Hijau MudaRp 600.000 – Rp 850.000
Ayam Hutan Hijau DewasaRp 1.000.000 – Rp 1.500.000
Ayam Hutan Merah MudaRp 700.000 – Rp 950.000
Ayam Hutan Merah DewasaRp 1.500.000 – Rp 2.000.000
Ayam Hutan Kelabu MudaRp 500.000 – 700.000
Ayam Hutan Kelabu DewasaRp 1.000.000 – Rp 1.400.000
Ayam Hutan SrilankaRp 2.000.000 – Rp 2.500.000
Ayam Hutan SepasangRp 2.500.000 – Rp 3.000.000

Itulah beberapa jenis dan harga ayam hutan terbaru. Perlu diketahui harga yang tercantum diatas hanya kisaran harga saja yang sewaktu waktu sangat bisa berubah. Semoga bermanfaat bagi anda semua people. Terimakasih telah mengunjungi website kami sukakewan.com.

Tags: