Cara Merawat Musang

Cara Merawat Musang – Hello people kembali lagi diwebsite kami sukakewan.com. Cara merawat hewan merupakan salah satu hal penting yang harus anda semua ketahui sebelum memlihara. Tentunya anda tidak mau kan peliharaan anda sampai kurus, kotor, apalagi sampai mati karena anda belum mengetahui cara merawatnya.

Kali ini kami akan membahas cara merawat musang. Musang sebenarnya adalah salah satu hama yang sangat menjengkelkan khususnya di daerah yang masih banyak perkebunan dan peternak ayam karena sering dicuri hewan satu ini. Namun, saat ini musang dijadikan hewan peliharaan oleh para pecinta binatang. Menurut orang yang memelihara musang, hewan ini mudah dijinakkan, unik, lucu, dan banyak manfaatnya jika dipelihara dengan benar.

Oleh sebab itu diwebsite ini sukakewan.com kami akan berbagi tutorial atau cara merawat musang dengan baik dan benar. Panduan cara merawat musang ini berlaku untuk semua jenis, baik musang pandan, musang bulan, dan musang jenis lainnya.

Cara Merawat Musang

Gambar Musang Bulan
Gambar Musang Bulan

1. Mengetahui Musang Yang Anda Akan Pelihara

Sebelum memelihara musang sebaiknya terlebih dahulu anda mengetahui seluk beluk tentang hewan satu ini. Mulai dari sifat dan karakter musang sampai jenis musang yang akan anda pelihara dan lain sebagainya.

Musang termasuk dalam hewan menyusui (mamalia) yang berasal dari suku Viviridae. Di Indonesia musang dipanggil dengan berbagai sebutan seperti musang (nama umum), careuh bulan (sunda), dan luak atau luwak (jawa). Dalam bahasa inggris musang sering dipanggil common palm civet, common musang, house musang atau toddy cat.

Hewan omnivora ini merupakan mamalia yang mirip dengan kucing dan hidup di malam hari (nocturnal). Artinya musang ini lebih sering beraktivitas di malam hari dan siang hari lebih banyak digunkan untuk tidur. Namun anda tidak perlu khawatir jika ingin mengajaknya bermain di siang hari, kebanyakan para musang lovers mengajak musangnya bermain pada siang hari.

Baca juga : Harga Musang Pandan

Jenis jenis musang sangat banyak sekali, tetapi yang paling populer dikalangan para pecinta musang yaitu musang pandan, musang bulan, dan musang akar. Selain itu musang adalah salah satu hewan penyayang yang tidak suka dengan yang namanya kesepian. Jadi untuk anda yang kegiatan sehari harinya sangat sibuk, tidak disarnkan untuk memelihara musang. Karena akan membuat musang kesepian dan akan menjadi stres.

Gambar Contoh Kandang Musang
Gambar Contoh Kandang Musang

2. Menyediakan Tempat Tinggal Yang Nyaman

Untuk beradaptasi, musang membutuhkan lingkungan yang nyaman agar musang betah berada di lingkungan tersebut. Salah satunya yaitu dengan cara menyediakan tempat tinggal yang nyaman bagi musang. Setelah mengetahui latar belakang musang, anda juga perlu menyediakan tempat tinggal atau andang yang nyaman untuk musang. Anda bisa membelinya di petshop atau membuatnya sendiri dengan bambu.

Jika anda membeli kandang untuk musang di petshop, disarankan membeli kandang yang luas. Apabila anda ingin membuatnya sendiri salah satu hal yang perlu di perhatikan saat anda ingin membuatnya, jangan membuat kandang musang terlalu sempit karena akan membuat musang tidak nyaman dalam kandang. Pastikan juga kandang musang ditaruh di tempat yang stabil suhunya.

Penting untuk anda rutin mencuci dan membersihkan kandang musang agar tetap bersih, nyaman untuk musang, dan yang terpenting musang tidak mudah terserang penyakit.

Gambar Musang Makan
Gambar Musang Makan

3. Memberi Makanan Dan Minum

Setiap makhluk hidup di dunia ini membutuhkan makan dan minum karena makan dan minum merupakan sumber kehidupan, begitu juga musang. Musang adalah salah satu hewan yang masuk dalam kategori hewan pemakan segala atau biasa disebut omnivora. Maka dari itu jangan hanya memberi makan buah buahan saja, daging juga perlu agar tidak bosan.

Untuk makanan musang yang masih kecil atau anakan musang, cukup diberi bubur bayi atau buah pisang yang di haluskan dan diberi minum susu. Dikarenakan anakan belum bisa mencerna makanan yang terlalu berat.

Gambar Musang
Gambar Musang

4. Berinteraksi Dan Bermain Dengan Musang

Hewan peliharaan tentunya akan nyaman dengan pemiliknya jika sering diajak berinteraksi dan bermain. Saat pertama kali berinteraksi, belailah musang anda secara perlahan sampai dia merasa anda bukan ancaman baginya. Semakin sering anda berinteraksi maka akan semakin cepat musang jinak atau bahkan malah bounding.

Musang adalah salah satu hewan yang sangat membenci kesepian dan jika anda jarang mengajaknya berinteraksi dan bermain maka akan lupa dengan anda sebagai pemiliknya. Musang yang jinak pun akan berubah menjadi agresif jika sangat jarang diajak berinteraksi. So, anda harus benar benar memperhatikan musang anda dan menyayanginya.

Gambar Musang Mandi
Gambar Musang Mandi

5. Memandikan Musang

Anda sebagai owner atau pemilik musang harus memperhatikan kebersihan musang anda. Siapa sih yang tidak ingin hewan peliharaanya bersih dan harum? Nah, maka dari itu anda harus memperhatikan cara memandikan musang.

Memandikan musang hampir sama dengan memandikan kucing. Gunakanlah shampo khusus untuk untuk merawat bulu musang. Anda bisa membelinya di petshop terdekat dari rumah anda. Setelah dimandikan, keringkan dengan handuk atau hair dryer. Anda bisa mengajaknya bermain dengan nyaman setelahnya.

Gambar Minyak Ikan
Gambar Minyak Ikan

6. Menjaga Kesehatan Musang

Menjaga kesehatan musang bisa dilakukan dengan cara memberikan vitamin tambahan yang bisa anda dapatkan dipetshop. Berikan vitamin sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan. Hal terpenting yang harus anda perhatikan yaitu jangan sampai musang kesayangan anda mengalami obesitas karena bisa menyebabkan kematian dan serangan jantung.

Baca juga : Harga Musang Bulan

Itulah beberapa tips cara merawat musang dengan baik dan benar. Semoga tips yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda semua. terimakasih sudah mengunjung website kami sukakewan.com.

Tags: