Bahan Pakan Alternatif Ayam Berkualitas

Bahan Pakan Alternatif Ayam – Hello people kembali lagi bersama kami di website sukakewan.com. Website yang membahas segala hal tentang hewan tentunya. Nah, di artikel kali ini kita akan tentang bahan pakan ayam alternatif.

Ransum atau pakan ayam merupakan salah satu komponen penting dan paling banyak mengeluarkan biaya pada usaha beternak ayam. Pakan ayam sendiri rata – rata bisa mencapai angka 70% dari seluruh biaya beternak ayam.

Anda bisa menekan biaya pakan ayam dengan cara menggunakan pakan alternatif yang harganya relatif murah, bergizi cukup, dan ketersediaannya yang melimpah dan bisa diberikan secara berkelanjutan.

Beberapa bahan pakan ayam alternatif yang bisa digunakan berasal dari bahan napati dan bahan hewani. Bahan nabati merupakan bahan pakan yang berasal dari tumbuhan, seperti dedak, jagung, kacang – kacangan dan lain sebagainya. Sedangkan bahan hewani merupakan bahan pakan yang berasal dari hewan, seperti tepung ikan, tepung tulang, tepung udang dan lain sebagainya.

Berikut ni akan kami paparkan beberapa bahan pakan alternatif ayam yang dapat anda gunakan untuk menekan biaya pakan :

Pakan Ayam Alternatif

Gambar Dedak
Gambar Dedak

1. Dedak

Dedak merupakan bahan pakan alternatif untuk ayam yang didapatkan dari limbah penggilingan padi. Dedak sendiri adalah bahan pakan sumber energi. Dedak yang berkualitas bagus biasanya memiliki tekstur yang halus, sedangkan yang bertekstur kasar berkaulitas kurang bagus.

Dedak yang bertekstur halus memiliki kandungan serat kasar kurang lebih 12%, kandungan lemak 15%, dan kandungan protein 10% – 15 %. Kami menganjurkan untuk pakan ayam kampung ataupun ayam buras takaran dedak 50% untuk dicampurkan dengan bahan pakan lain.

Gambar Jagung
Gambar Jagung

2. Jagung

Jagung merupakan salah satu produk pertanian yang memiliki banyak manfaat dan juga sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang. Jagung juga seringkali digunakan sebagai bahan pakan campuran untuk ayam. Jagung sendiri merupakan bahan pakan sumber energi.

Kandungan gizi dalam 100 gr jagung yaitu protein 9,2 gr; lemak 3,9 gr; karbohidrat 73,7 gr dan kalori 355 kkal. Dianjurkan untuk takaran campuran jagung yaitu sekitar 25% saja sudah cukup.

Gambar Bungkil Kedelai
Gambar Bungkil Kedelai

3. Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai merupakan bahan pakan alternatif yang berasal dari sisa pengolahan minyak kedelai. Kandungan protein pada bungkil kedelai ini cukup tinggi yaitu mencapai kurang lebih 42,7%, sedangkan kalori bungkil kedelai ini mencapai 2200 kkal/kg dan kandungan serat kasarnya sebesar 6%. Dianjurkan takaran bungkil kedelai ini tidak lebih dari 30% untuk campuran pakan ayam.

Gambar Bungkil Kelapa
Gambar Bungkil Kelapa

4. Bungkil Kelapa

Bahan pakan alternatif ayam lainnya yaitu bungkil kelapa. Bungkil kelapa merupakan sisa hasil pengolahan minyak kelapa. Bungkil kelapa ini bisa digunakan sebagai bahan campuran untuk pakan ayam.

Kandungan nutrisi bungkil kelapa yaitu protein kurang lebih 21% dan memiliki kalori 1500 sampai 1700 kkal/kg. Akan tetepi kandungan lemak pada bungkil kelapa ini cukup tinggi yaitu sekitar 15% sehingga bahan pakan satu ini mudah rusak dan berbau tengik.

Gambar Pollard
Gambar Pollard

5. Limbah Gandum

Jenis pakan ini memiliki nama lain yang disebut dengan “pollard” dan berasal dari limbah penggilingan gandum yang diolah menjadi terigu. Pakan ini pun cukup tenar di kalangan peternak meski penggunaannya harus dibatasi.

Pollard mengandung serat kasar dan energi metabolism yang rendah dan kualitasnya lebih baik daripada jagung. Pemberian pollard umumnya berbarengan dengan pakan butiran yang kaya protein karena nilai protein pada pollard lebih rendah dari kedelai, ikan dan susu.

Gambar Singkong
Gambar Singkong

6. Singkong

Singkong merupakan salah satu produk hasil pertanian yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pakan alternatif ayam. Produksi singkong di Indonesia cukup melimpah bahkan mencapai 3 terbesar di dunia.

Singkong ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga menjadi sumber energi. Dalam memanfaatkan singkong untuk bahan pakan alternatif ayam ini harus diolah terlebih dahulu, karena singkong mentah mengandung zat anti nutrisi yang dapat mengganggu pertumbuhan pada ayam.

Gambar Tepung Tulang
Gambar Tepung Tulang

7. Tepung Tulang

Tepung tulang adalah hasil dari limbah peternakan. Tepung tulang digunakan sebagai bahan campuran pakan sebagai sumber mineral. Tepung tulang sendiri memiliki kandungan gizi antara lain yaituklsium 20% sampai 25% dan phospor 10% sampai 15%. Tepung tulang ini digunakan sebagai pelengkap, maka sebaiknya secukupnya saja.

Gambar Tepung Ikan
Gambar Tepung Ikan

8. Tepung Ikan

Selain dari tulang, Anda juga bisa memberikan tepung ikan yang dapat menjadi sumber protein hewani berkualitas. Kebaikan ikan dengan segala nutrisi dan kandungan asam aminonya, baik dikonsumsi oleh ayam ternak Anda.

Pakan jenis ini memiliki kandungan lemak tak jenuh dan penting bagi reporduksi ternak. Kandungan mineral dan vitamin di dalam tepung ikan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan ternak Anda selama pemberiannya dibatasi sekitar 10 persen dari total pakan ayam.

Gambar Tepung Udang
Gambar Tepung Udang

9. Tepung Udang

Tepung udang merupakan salah satu bahan pakan alternatif dengan kandungan protein yang sangat tinggi yaitu sekitar 40% sampai 45%. Tepung udang berasal dari limbah industri pengolahan udang. Dianjurkan untuk campuran pakan tepung udang tidak lebih dari 25%.

Gambar Tepung Kerang
Gambar Tepung Kerang

10. Tepung Kerang

Kegunaan tepung kerang tidak jauh berbeda kegunaannya dengan tepung tulang. Hanya digunakan sebagai bahan pelengkap saja. Kandungan kalsium dari tepung kerang yaitu sekitar 35%.

Itulah beberapa bahan pakan alternatif ayam yang dapat kami sajikan untuk anda semua. Semoga bermanfaat untuk anda semua para peternak ayam. Terimakasih telah membaca dan mengunjungi website kami sukakewan.com.

Tags: